Rabu, 02 Maret 2022

Analisis SKL, KI & KD dan PROTA - PROMES


Membandingkan konsep SKL, KI, KD, dan taksonomi 

Adapun definisi atau pengertian dari masing-masing konsep adalah sebagai berikut:

a.  Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, sdan keterampilan. Kriteria ini diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada suatu jenjang pendidikan. SKL merupakan acuan utama dalam pengembangan Kompetensi Inti (KI), selanjutnya KI dijabarkan ke dalam Kompetensi Dasar (KD).

b.  Kompetensi Inti (KI) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Artinya ia merupakan operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi dasar pengembangan KD. KI mencakup sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan.

c.  Kompetensi Dasar (KD) merupakan kemampuan yang harus diperoleh peserta didik untuk mencapai Kompetensi Inti melalui pembelajaran yang berisi sejumlah kemampuan yang harus dikuasai baik pada aspek sikap, pengetahuan, maupun keterampilan dalam mata pelajaran tertentu.

d.  Taksonomi dimaknai sebagai seperangkat prinsip klasifikasi atau struktur dan kategori ranah kemampuan tentang perilaku peserta didik yang terbagi ke dalam ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

E. Indikator atau biasa disebut Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) adalah ukuran, karakteristik, atau ciri-ciri dari ketercapaian KD berdasarkan taksonomi kemampuan baik pada ranah sikap, pengetahuan, maupun keterampilan.

        - Menganalisis hubungan SKL, KI, KD, penilaian dan hasil belajar 

Pengetahuan terhadap konsep SKL yang merupaja profil kompetensi lulusan yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mempelajari semua mata pelajaran pada jenjang tertentu yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selanjutnya SKL diterjemahkan dalam bentuk Kompetensi Inti merupakan tangga pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kelas tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran dirinci dalam rumusan Kompetensi Dasar. Kemudian diterapkan dan dilaksanakan dalam proses pembelajaran dan kegiatan penilaian, sehingga dapat dilihat dan dicapai hasil belajar dari peserta didik.

Keterkaitan antara SKL, KI, KD dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut.

1. Melakukan linearisasi antara KI dan KD dari pengetahuan (KI-3), dengan cara: a. Melihat level kognitif pada KD dan KI, dan b. Melihat hubungan antara level kognitif dan dimensi pengetahuan.

2. Melakukan linierisasi KD dari KI-3 dan KD dari KI-4; 

3. Mengidentifikasi keterampilan yang perlu dikembangkan sesuai rumusan KD dari KI4; apakah termasuk keterampilan abstrak atau konkrit.

4. Mengidentifikasi sikap-sikap yang dapat dikembangkan dalam kegiatan yang dilakukan mengacu pada rumusan KD dari sikap spiritual dan sikap sosial.


Download edisi lengkap dan contohny disini: Analisis SKL, KI-KD dan PROTA-PROMES


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

# RIWAYAT POSTINGAN

Calon Peserta PPG 2022

  DOWNLOAD versi dan lengkapnya disini:  Persyaratan PPG 2022 DATA PESERTA PPG 2022 Kab. Subang :  Nama Peserta Calon PPG 2022