Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas :
X - XII
Semester :
Ganjil dan Genap
Alokasi Waktu : 3 Jam Pelajaran / Minggu
KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan
anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang
teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini
bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
|
·
Q.S. al-Hujurat (49): 10
dan 12 serta hadits terkait perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
· Menyimak
bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
· Membaca
Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta
hadits terkait.
· Mencermati
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
· Menanyakan
cara membaca, hukum tajwid, asbabun nuzul, makna, dan pesan-pesan utama dalam Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
· Mengidentifikasi
hukum bacaan (tajwid) Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12.
· Menterjemahkan
dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.
· Menganalisis
asbabun nuzul Q.S. al-Hujurat/49:
10 dan 12.
· Menganalisis
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
· Mengidentifikasi
Manfaat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12,
serta hadis terkaitsesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta
hadis terkait
· Menyimpulkan
hukum bacaan yang terdapat dalam Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12.
· Menyimpulkan
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
· Menyimpulkan
pesan-pesan utama dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta
hadits terkait.
· Mengaitkan
antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta
hadis terkait.
· Mendemonstrasikan
bacaan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan
12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.
· Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan
12 dengan fasih dan lancar.
· Menjelaskan
hukum bacaan yang terdapat pada Q.S.
al-Hujurat/49: 10 dan 12.
· Menjelaskan
makna Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta hadits terkait.
· Menjelaskan
pesan-pesan utama dalam Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta
hadits terkait
· Menjelaskan
keterkaitan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12, serta
hadis terkait.
|
2.1 Menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis
terkait.
|
DOWNLOAD lengkap disini: SILABUS PAI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar